upmind's blog

Tidak ada yang lebih baik daripada mobil yang dibersihkan secara profesional. Baik itu bagian dari perawatan mobil Anda atau mempersiapkan mobil Anda untuk dijual, mencuci mobil Anda juga dapat dilakukan dengan mudah di rumah!


Asalkan Anda menggunakan teknik dan alat yang tepat, mencuci mobil Anda secara teratur pada akhirnya akan melindungi kendaraan Anda dan membuatnya tetap terlihat terbaik. itu juga dapat membantu mencegah keausan kecil agar tidak terlihat, sehingga mempertahankan nilai mobil Anda, dan menjaga mobil Anda terlihat lebih baik lebih lama.


Berikut adalah beberapa tips kami yang paling berguna tentang cara mencuci mobil Anda di rumah.

Tip #1: Alat pembersih yang dibutuhkan

Penting untuk mengevaluasi kondisi Anda sebelum Anda mencucinya. Ini akan membantu Anda menentukan jenis perlengkapan pembersih yang Anda perlukan saat mencuci mobil.


Idealnya, alat/persediaan pembersih Anda harus mencakup:


  • Selang dengan nosel variabel (pressure washer seperti milik Nilfisk Indonesia)

  • Spons lembut dan/atau sarung tangan cuci mobil

  • Cairan pencuci mobil

  • Beberapa kain mikrofiber

  • Satu (atau lebih) handuk mikrofiber besar untuk mengeringkan.

  • Tiga ember – satu untuk air bersih, satu untuk air kotor, dan satu lagi berisi larutan pembersih dan air khusus untuk roda Anda.


Anda mungkin juga membutuhkan:


  • Penyedot debu untuk interior

  • Sarung tangan karet

  • Pembersih roda

  • Kertas tisu

  • Pembersih jendela


Sebelum menerapkan apa pun ke mobil Anda, pastikan untuk membaca apa yang ada di produk yang Anda rencanakan untuk digunakan. Tidak semua produk pembersih mobil serba guna dan dapat menyebabkan kerusakan pada cat, lapisan, atau lapisan akhir lainnya.


Mobil yang lebih tua mungkin memerlukan rejimen pembersihan dengan tanah liat, lilin, dan poles untuk melindungi cat sedangkan mobil yang lebih baru mungkin memiliki lapisan bening yang kuat yang masih utuh.


Produk pembersih mobil dirancang khusus untuk mencegah kotoran dan kotoran yang terlepas menggores cat mobil Anda; serta cukup lembut sehingga tidak menghilangkan lapisan cat yang ada pada mobil Anda.

Tip #2: Tempat mencuci mobil Anda

Meskipun mungkin tergoda untuk mencuci mobil Anda di hari yang hangat dan cerah, ini sebenarnya adalah kesalahan yang sangat umum.


Sudah diakui secara luas di antara detailer profesional bahwa Anda tidak boleh mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung. Air, sabun, dan produk pembersih akan mengering dengan sangat cepat di bawah sinar matahari, menyebabkan bintik-bintik dan tanda pusaran pada cat dan jendela Anda.


Sebagai gantinya, Anda harus mencoba mencuci mobil Anda pada hari yang sedikit mendung, di atas permukaan yang sejuk dengan botol semprot di tangan. Anda mungkin juga ingin memarkir mobil Anda di suatu tempat yang datar sehingga Anda memiliki banyak ruang untuk membuka pintu Anda sepenuhnya.

Tip #3: Membersihkan roda

Pertama, Anda harus mulai dengan mencuci bagian paling kotor dari mobil Anda, yang biasanya roda.


Cuci ban Anda secara terpisah dengan seember air baru untuk menghindari penyebaran kotoran dan kotoran ke cat kendaraan Anda.


Belilah sikat ban, kain mikrofiber, spons terpisah, dan larutan pembersih khusus ban sebelum membersihkan roda Anda.


Pembersih roda non-korosif berbasis air direkomendasikan untuk semua jenis roda mobil dan pada akhirnya merupakan pilihan teraman dalam hal produk pembersih ban.


Anda kemudian dapat melapisi roda Anda dengan produk pembersih pilihan Anda. Biarkan larutan beristirahat, lalu gosok kotoran dari ban Anda menggunakan sikat ban.


Terakhir, semprotkan roda Anda dengan air dingin dan bersih untuk menghilangkan semua produk pembersih dari roda. Setelah selesai membersihkan roda, pastikan untuk mengeringkannya dengan kain mikrofiber yang bersih.

Tip #4: Cuci lampu depan

Anda tidak boleh lupa untuk mencuci lampu depan Anda juga. Lampu depan plastik yang kotor dan rusak akibat sinar matahari dapat menguning seiring bertambahnya usia, membuatnya kurang efektif saat di jalan dan merusak penampilan keseluruhan mobil yang bersih.


Untuk membersihkan lampu depan Anda, Anda dapat menyekanya dengan larutan pembersih dan membersihkannya dengan kain lembab setelah Anda selesai. Oleskan lapisan pelindung untuk mengembalikan lampu depan Anda setelah dicuci.

Tip #5: Membersihkan bagian luar

Mencuci badan mobil akan membantu menghilangkan debu, kotoran, atau lumpur. Ini akan membantu mencegah goresan lebih lanjut pada cat mobil Anda juga.


Cuci setiap bagian mobil (bergerak dari atas ke bawah) untuk menghilangkan kotoran yang lebih besar. Ingatlah untuk menggunakan air sabun dari ember bersih Anda untuk mencuci badan mobil!


Saat Anda pergi untuk membilas air sabun, sebaiknya gunakan selang tanpa nosel. Pada tekanan rendah, selang jenis ini akan memungkinkan air mengalir dengan lembut dari atas mobil ke bawah (ini disebut metode terpal).


Sekarang Anda mengeringkan mobil Anda dengan handuk microfiber besar atau chamois sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Ingatlah bahwa mobil Anda harus benar-benar kering sebelum menerapkan lilin atau lapisan pelindung.

Tip #6: Membersihkan jendela dan kaca

Membersihkan kaca dan jendela di mobil Anda tidak hanya akan memastikan eksterior mengkilap tetapi juga memungkinkan Anda mengemudi dengan aman tanpa harus menyipitkan mata melalui kaca.


Penting untuk dicatat bahwa kaca standar dan kaca berwarna perlu dibersihkan dengan cara yang berbeda. Anda ingin menggunakan pembersih jendela yang dibuat untuk jendela mobil, bukan produk seperti Windex yang dapat merusak lapisan luar jendela mobil.


Saat Anda membersihkan jendela, sebaiknya semprotkan produk pembersih langsung ke permukaan dan lap dengan kain mikrofiber untuk menghindari semprotan menetes. Anda kemudian dapat mengulangi proses ini untuk bagian dalam mobil Anda juga.


Sebaiknya hindari parkir di bawah sinar matahari saat membersihkan kaca depan dan jendela agar produk pembersih tidak menguap dan meninggalkan residu atau noda yang tidak menyenangkan.

Tip #7: Membersihkan interior

Kita semua tahu betapa sulitnya menjaga kebersihan bagian dalam mobil, dan dengan anak-anak atau hewan peliharaan, membersihkan interior mobil terkadang bisa dilupakan.


Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk membersihkan interior mobil Anda:


  • Bersihkan semua sampah dari mobil (termasuk di lantai, di bawah tikar dan di kursi).

  • Tarik keset lantai Anda dari mobil dan kocok untuk menghilangkan kotoran atau debu. Anda dapat menggosoknya dengan sabun dan air panas dan membiarkannya mengering sepenuhnya sebelum memasangnya kembali.

  • Vakum kursi depan dan belakang, lantai, di bawah pedal dan panel pintu samping.

  • Bersihkan kotoran, debu, dan kotoran dengan kain mikrofiber atau tisu pembersih. Anda dapat menyemprotkan sedikit pembersih khusus mobil di atas konsol, setir, dan di antara jok mobil.

  • Bersihkan tempat cangkir dengan tisu pembersih atau kapas yang dicelupkan ke dalam larutan pembersih.

  • Bersihkan noda pada jok dan karpet dengan larutan pembersih khusus, lalu bersihkan dengan kain basah.

  • Anda dapat menggunakan pengaduk cat yang ujungnya dibungkus dengan kain mikrofiber untuk masuk ke area yang sulit dijangkau antara kursi dan di sekitar konsol tengah.


Dan jika Anda seorang pemilik hewan peliharaan, saya yakin Anda selalu mencari cara mudah untuk menghilangkan bulu anjing dari mobil Anda. Jika menyedot debu tidak menghilangkan semua bulu hewan peliharaan, maka rol serat, rol rambut velcro, atau sikat kawat harus dilakukan!

Setelah Pencucian

Setelah mobil Anda dicuci dan dibersihkan, langkah selanjutnya adalah menambahkan kilau dan perlindungan.


Beberapa langkah Anda selanjutnya mungkin termasuk:


  • Mempersiapkan permukaan – gunakan batang tanah liat untuk menghilangkan bintik-bintik subborn bersama dengan lilin yang sebelumnya dioleskan.

  • Perbaiki goresan – isi goresan dan goresan yang lebih ringan dengan lapisan lilin yang halus atau gunakan produk perbaikan khusus goresan untuk goresan yang lebih dalam.

  • Poles untuk kilap ekstra – Langkah ini opsional dan merupakan pilihan bagus bagi siapa saja yang menginginkan kemilau kilap tinggi yang dapat membuat cat mobil Anda terlihat seperti cermin.

  • Wax to protect – Wax menambahkan lapisan pelindung yang menghalangi sinar UV dan melindungi cat kendaraan dari korosi.

Baca Juga: Pengertian Water Jetting


Archives